Pemerintah Daerah Diharap Tetap Berkoordinasi Dengan Pemerintah Pusat Terkait Covid-19



MK.Com - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengingatkan seluruh kepala daerah bahwa semua kebijakan terkait virus corona atau COVID-19 harus dikomunikasikan dengan pemerintah pusat terlebih dahulu. Hal itu disampaikan Jokowi di dalam keterangan pers-nya di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (16/3).

"Semua kebijakan besar di tingkat daerah terkait dengan COVID-19 harus dibahas dahulu dengan pemerintah pusat," ujar Jokowi.
Adanya keputusan tersebut agar memudahkan komunikasi dalam penanganan virus corona.

"Untuk mempermudah komunikasi, saya minta pemerintah daerah konsultasi dengan kementerian terkait dan satgas," ungkapnya.

Salah satu yang Jokowi sebut adalah terkait kebijakan lockdown. Menurut dia, kebijakan lockdown suatu wilayah merupakan keputusan pemerintah pusat.

"Kebijakan ini tidak boleh diambil oleh pemerintah daerah. Sampai saat ini tidak ada kita (pemerintah pusat) berpikiran ke kebijakan lockdown," tegas Jokowi.

Menurut jokowi, kebijakan belajar mengajar, bekerja dari rumah  dan ibadah dari rumah, perlu untuk terus di gencarkan untuk mengurangi Covid-19 dengan tetap mempertahankan pelayanan kepada masyarakat baik itu urusan kebutuhan pokok, layanan kesehatan dasn layana-layanan public lainnya.

Lebih lanjut jokowi menyebutkan, transportasi public tetap harus disediakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dengan catatan meningkatlkan tingkat kebersihan,  mudah tranbsportasi tersebut, baik itu kereta api, bus kota, MRT, LRT bus tarns yang penting bisa mengurangi tingkat kerumunan,mengurangi antrian dan menguragi tingkat kepadatan orang didalam mode transportasi tersebut sehingga kita bisa menjaga jarak dari satu dengan yang lainnya.

Sebuah kebijakan besar ditingkat daerah tercaid Covid-19 harus dibahas dulu dengan penmerintah pusat untuk mempermudah komunikasi.

“Saya minta kepala daerah untuk berkonsultasi membahasnya dengan kementerian terkait dan satgas Covid-19’” pinta Jokowi

Untuk menghindari kesimpang siuran informasi yang disampaikan kepada public, Jokowi meminta agar Satgas Covid-19 menjadi satu-satunya rujukan Informasi kepada Masyarakat.
Pada akhir penyampaiannya Jokowi mengajak untuk mencuci tangan yang bersih, tetap belajar, tetap bekerja dan tetap beribadah. 

“Solidaritas masyarakat adalah modal social yang penting untuk menggerakkan kita bersama-sama melawan Covid-19 ini,” pungkasnya

@2020: Md

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget