None Tak Mau Jadi Wakil, Langkah Dany Pamanto Sudah Benar

Foto Yang Telah Diunggah di Medsos Oleh Ketua Nasdem Sulsel

MK.Com - Pemilihan Walikota Makssar tinggal beberapa bulan lagi, para kandidat Calon saling berebutan simpatik untuk meyakinkan partai dalam mengusung dirinya dalam pilwalkot nanti sebagai persyaratan KPU dalam amanah undang-undang yakni sedikitnya 10 kursi Anggota Parlemen DPRD Kota Makssar untuk dapat mengusung satu pasangan Calon.

Salah satu nama kandidat yang paling populer di mata Masyarakat yakni  mantan Walikota Makassar, Dany Pamanto.  Dany pamanto digadang-gadang akan menhkodai partai Nasdem, namunterdengar kabar bahwa adik kandung kader Nasdem lainnya, Irman Yasin Lompo tak ingin menjadi wakil dan ia menekankan jika dirinya akan maju bukan sebagai wakil akan tetapi sebagai Walikota.

Irman Yasin Lompo (None) menepis isu yang menyatakan dirinya hanya maju sebagai Wakil Wali Kota Makassar. Adik bungsu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo akan maju untuk kursi calon Wali Kota Makassar pada Pilwali Makassar 2020.  None menyatakan dirinya setiap kali mendaftar di partai tidak pernah mencalonkan diri sebagai wakil. Tekad utamanya maju menjadi Wali Kota Makassar adalah ingin merubah pekerja menjadi pemimpin yang mampu membangun perubahan besar.

Dengan perkembangan ini, maka hampir boleh dipastikan Mantan walikota Makassar akan terdepak dari Partai Nasdem jika none betul tak ingin menjadi wakil dari Dany Pamanto.  Pernyataan ini diungkapkan Pemimpin Redaksi Harapan Rakyat, Andi Ms Hersandy terkait analisanya terdahulu yang mengatakan ada Empat pasangan kandidat yang cukup potensial dalam bertarung pada pilwalkot 2020 yang menempatkan None sebagai Wakil Dany Pamanto.

Menurut Andi, kekuatan None di Partai Nasdem cukup signifikan, dengan dukungan dari Syahrul Yasin Limpo None diyakini akan menjadi penghalang bagi Dany Pamanto untuk diusung oleh Partai Nasdem Makassar, meski beberapa minggu lalu foto mantan walikota makassar, danny pomanto viral setelah di unggah ketua dewan perwakilan wilayah sulsel , partai nasdem, rusdi masse, di sosial media. dalam foto tersebut, danny pomanto melakukan salam komando dengan irman yasin limpo yang akan maju sebagai calon walikota, akan tetapi itu tidak berarti jika None tetap dengan pendiriannya sebagai calon Walikota baukan Calon Wakil Walikota.



None sudah menegaskan dirinya akan maju sebagai calon wali kota Makassar yakni melalui jalur partai politik, sehingga bukan jalur independen atau perseorangan.  menurut none pesta demokrasi adalah proses politik, sebab partai politik yang mempunyai domain di dalamnya. Dengan demikian peluang Dany diyakini cukup kecil dan diyakini akan tersingkir dari Partai Nasdem.

"None cukup kuat di Partai Nasdem, Beliau itu adik kandung Syahrul Yasin Limpo yang juga kader Nasdem," kata andi di Makassar 26/1/20

Andi hersandy sebaiknya Dany pamanto memang fokus dengan mengerahkan timnya untuk mengumpulkkan KTP warga Makasar sebagai syarat untuk menjadi Calon Walikota Makassar dari jalur perseorangan. Seperti diketahui, tim Dany resmi mengambil formulir untuk menjajaki jalur perseorangan pada Pilwalkot 2020 nanti. 

"Kami cukup megafresiasi kepada Moh Ramdhan Pomanto yang resmi mendaftarkan diri sebagai peserta calon Pemilihan Wali kota Makasar 2020 melalui jalur perseorangan atau calon independen, Sabtu, 18 Januari 2020 lalu, langkah Dany pamanto sudah benar," kata Andi

Selanjutnya menurut Ketua Yayasan Misi Indonesia ini meprediksi apabila Kedua tokoh ini disandingkan, maka mereka akan menjadi batu sandungan dari calon lainnya. Mereka akan memperoleh dukungan kuat dari warga Masyarakat.  Tapi lain halnya jika mereka terpisah maka akan dipastikan suara Nasdem sendiri akan terpecah, disamping itu, Ical dan Munafri sebagai pesaing terberat.  Selanjutnya Satu kandidat lainnya yang juga punya nama yakni UIqbAl Jalil (zt. Itje) kemungkinan besar out dari pertarungan jika tak didukung oleh partai PKS dan PAN, apalagi ada indikasi bahwa Partai Koalisi Keumatan akan mendukung None.
  
Berikut Jumlah Partai pengusung untuk kursi DPRD Kota Makassar
 
Partai Nasdem 6 Kursi
Partai Demokrat 6 Kursi
Partai Golkar 5 Kursi
Partai Gerindra 5 Kursi
Partai PAN 5 Kursi
Partai PDIP 6 Kursi
Parta PKS 5 Kursi
Paratai PPP 5 Kursi
Partai Hanura 3 Kursi
Partai Perindo 2 Kursi
Partai Berkarya 1 Kursi
Partai PKB 1 Kursi

Pemilihan walikota tahun 2020 akan diselenggarakan pada hari Rabu,  tanggal 23 September 2020.  Berdasarkan keputusan KPU dengan nomor 12/PL.02.2-kpt/7371/KPU-kot/X/2019 tentang penetapan jumlah minum dukungan, maka syarat dukungan perorangan berjumlah 72.570 dukungan dan minimal tersebar di delapan kecamatan di Makassar.

Selain Dany ada 4 calon lain yang tertarik ikut jalur perseorangan Yakni, Andi Munawar Syahrir, H Iriyanto A Baso Ence, Jabal Nur, dan Muhammad Ismak.

Red-Md

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget